Skip to main content

Efek Negatif Estrogen



Estrogen  adalah sekelompok senyawa steroid yang berfungsi terutama sebagai hormon sex wanita. Estrogen terdapat baik dalam tubuh pria maupun wanita, pada wanita usia subur terdapat estrogen jauh lebih tinggi. Hormon ini dapat menyebabkan perkembangan dan mempertahankan tanda-tanda kelamin sekunder pada wanita, seperti pada payudara, dan juga bisa terlibat dalam penebalan endometrium maupun dalam pengaturan siklus haid pada saat usia menopause, estrogen akan mulai berkurang sehingga dapat menimbulkan beberapa efek, di antaranya hot flash, berkeringat pada waktu tidur, dan kecemasan yang berlebihan (wikipedia) . Masalah kesehatan seperti berat badan merupakan faktor kecil dalam kumpulan gejala-gejala yang akarnya adalah hormonal. Yang jauh lebih serius keluhan-keluhan lainnya yang mulai muncul kemudian meningkat dengan cepat, ketidakmampuan untuk fokus, sakit kepala terus-menerus, kelelahan kronis, nyeri tulang dan persendirian, dan disorientasi.

Hormon yang tidak seimbang telah membuat seseorang menderita dan bagaimana usaha medis untuk menyeimbangkan  hormon sehingga berhasil menyembuhkannya. Salah satu cara yang dilakukan oleh Michael E. Platt, M.D menceritakan tentang estrogen dominan dalam buku the miracle of Bio-Identical Hormones  dengan pengetahuan dan pemahamannya pada psikologi manusia.

Masyarakat harus paham bahwa dalam banyak kasus estrogen adalah racun bagi tubuh. Tugas progesteron sebagai hormon antiestrogen. Progesteron ada untuk melindungi tubuh dari efek negatif estrogen.

Efek negatif yang mana? Estrogen sangat merusak pembuluh darah. Inilah alasan mengapa estrogen dapat menyebabkan migren. Para dokter sangat menyadari efek estrogen pada pembuluh darah. Itu sebabnya mereka memperingatkan wanita yang minum pil KB (keluarga berencana) agar waspada terhadap tanda-tanda radang urat darah (phlebitis), yang merupakan radang pembuluh darah. Pil KB mengandung dua hormon buatan-estrogen dan progestin. (progestin adalah bentuk sistesis progesteron. Namun demikian, progestin merupakan bahan kimia yang tidak berhubungan dengan progesteron alami dan mempunyai efek samping yang sama dengan estrogen.)

Estrogen menyebabkan enam kanker berbeda pada wanita. Estrogen, selama lebih dari 50 tahun, dikenal seabagai penyebab kanker payudara. Menurut Micael E. Platt, M.D , estrogen dan obat Tamoxifen menjadi satu-satunya penyebab kanker kandungan. Estrogen juga penyebab kanker ovarium, kanker serviks, kanker vaginal, dan kanker kolon.

Usaha untuk menempatkan estrogen pada daftar bahan kimia penyebab kanker telah dilakukan selama bertahun-tahun. Akan ada peringatan khusus begitu sebuah obat tercantum pada daftar tersebut. Pada tahun 2003, estrogen akhirnya dicantumkan pada daftar tersebut. Akan tetapi, anda tidak akan mengetahuinya karena tidak pernah disebutkan.

Mual di pagi hari (morning sickness) hanya disebabkan oleh terlalu banyak estrogen. Tetapi, para dokter tidak menyadari hal ini. Mereka tidak tahu bahwa mual dan keguguran dapat dicegah dengan meresepkan progesteron bio-identik. Hormon alami dapat membantu wanita-wanita dengan permasalahan umum seperti ini, tetapi dokter-dokter biasanya tidak menyadarinya.

Estrogen selalu dipromosikan untuk pengobatan osteoporosis. Dalam beberapa penelitian terbukti bahwa estrogen dapat mencegah osteoporosis untuk sementara. Namun, tidak ada penelitian menunjukkan bahwa estrogen menyembuhkan osteoporosis. Sesungguhnya, kekurangan progesteronlah yang menyebabkan osteoporosis. Banyak penelitian sekarang menemukan bahwa wanita-wanita yang minum pil KB, yang menghambat produksi progesteron, lebih cepat terserang atau mengalami osteoporosis.

Pada wanita, progesteron adalah salah satu hormon yang dipilih dalam pengobatan osteoporosis. Progesteron merangsang osteoblasts (sel yang membentuk tulang) di dalam tulang untuk membuat tulang baru. Estrogen tidak melakukan hal itu.

Comments

Popular posts from this blog

SISTEM PENCERNAAN

KATA PENGANTAR             Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah swt atas limpahan rahmat dan karuiaNya kepada kita semua, shalawat serta salam kita sanjungkan kepangkuan Nabi Besar Muhammad saw beserta keluarga dan sahabat, sehingga dengan bimbingan beliau,kita telah dapat hidup dengan penuh peradaban dan kebudayaan yang tinggi. Makalah tentang Sistem Pencernaan adalah hasil diskusi yang dilakukan melalui kerja sama kelompok juga kutipan dari buku-buku tentang Sistem Pencernaan . Makalah Pencernaan ini berisi tentang Saluran Cerna hingga tahap Akhir Pencernaan , juga Pengaturan Pencernaan dan Absorpsi . Semoga makalah ini mendapat sambutan yang baik dari dosen, serta adanya tanggapan dan saran yang konstruktif untuk kami dalam menyusun makalah ini demi kelangsungannya kesehatan masyarakat, dalam memahami Sistem Pencernaan dalam tubuh manusia . Banda Aceh, Mahasiswa/i FKM dto, RIKI SATRIA PENDAHULUAN A. Latar Belakang            Tubuh membut

Tingkatan dan Hambatan Komunikasi

Tingkatan Proses Komunikasi   Menurut Denis McQuail, secara umum kegiatan/proses komunikasi dalam masyarakat berlangsung dalam 6 tingkatan sebagai berikut : 1. Komunikasi intra-pribadi (intrapersonal communication ) Yakni proses komunikasi yang terjadi dalam diri seseorang, berupa pengolahan informasi melalui pancaindra dan sistem syaraf.Contoh : berpikir, merenung, menggambar, menulis sesuatu, dll. 2. Komunikasi antar-pribadi Yakni kegiatan komunikasi yang dilakukan secara langsung antara seseorang dengan orang lainnya.Misalnya percakapan tatap muka, korespondensi, percakapan melalui telepon, dsbnya. 3. Komunikasi dalam kelompok Yakni kegiatan komunikasi yang berlangsung di antara suatu kelompok. Pada tingkatan ini, setiap individu yang terlibat masing-masing berkomunikasi sesuai dengan peran dan kedudukannya dalam kelompok. Pesan atau informasi yang disampaikan juga menyangkut kepentingan seluruh anggota kelompok, bukan bersifat pribadi.Misalnya, ngobrol-ngobrol a

Komunikasi Kesehatan

A. Latar Belakang   Manusia adalah makhluk sosial yang hidup dan menjalankan seluruh kehidupannya sebagai individu dalam kelompok sosial , komunitas, organisasi maupun masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari, setiap manusia berinteraksi,membangun relasi dan transaksi sosial dengan orang lain. Itulah manusia sebabnya tak dapat menghindari komunikasi antar personal, komunikasi dalam kelompok, komunikasi dalam organisasi dan publik, dan komunikasi massa. Komunikasi Terapeutik A. Pengertian Komunikasi Terapeutik  Komunikasi terapeutik adalah komunikasi yang direncanakan secara sadar, bertujuan dan kegiatannya dipusatkan untuk kesembuhan pasien (Indrawati, 2003 48). Komunikasi terapeutik termasuk komunikasi interpersonal dengan titik tolak saling memberikan pengertian antar perawat dengan pasien. Persoalan mendasar dan komunikasi in adalah adanya saling membutuhan antara perawat dan pasien, sehingga dapat dikategorikan ke dalam komunikasi pribadi di antara perawat dan